Senin, 22 November 2010

Tugas Riset Pengantar Bisnis


PENDAHULUAN
A.     Sejarah Perusahaan
PT TRIPRANATA SUKSESTAMA berdiri pada tanggal 26 Februari 1991 yang dibawahi oleh Komisaris Bapak Hendro  Nyoman, Direktur Utama Bapak IGN Edward Oli I, Pemegang Saham terdiri atas empat orang yaitu, Bapak Edward, Bapak Ritjun Taman, Bapak Andi Sako dan Bapak Hendro. PT TRIPRANATA SUKSESTAMA ini bergerak pada bidang importir mesin las, kawat las, alat listrik dan alat otomotif lainnya. Perusahaan ini memiliki 40 orang pegawai dan sudah bekerja sama dengan beberapa perusahaan seperti Toyota, Chevron, Perusahaan Otomotif dan Kontraktor. Pasaran produknya pun sudah mencakup seluruh Indonesia. Pada tanggal 5 Maret 1998, terjadi perubahan pengurus menjadi Komisaris Bapak Hebdro Nyoman, Direktur Utama Bapak Ritjun Tasman, dan Pemegang Saham yaitu, Bapak Edward, Bapak Ritjun Taman, Bapak Andi Sako dan Bapak Hendro. Pada tanggal 14 September 2004 Bapak Edward Oli I dan BapakAndi Soko menghibahkan saham kepada Bapak Hendro dan Bapak Ritjun Tasman setelah itu dua tahun kemudian Bapak Edward dan Bapak Andi Soko meninggal dunia. Saat ini PT TRIPRANATA SUKSESTAMA memiliki 7 orang Tenaga Kerja, yaitu :
1.      Bapak Hendro Nyoman sebagai Komisaris
2.      Bapak Ritjun Tasman sebagai Direktur Utama
3.      Bapak Aliman sebagai Bagian Pemasaran
4.      Ibu Nur sebagai Bagian Pembukuan
5.      Bapak Supri sebagai Bagian Delivery
6.      Bapak Marsono dan Bapak Kliman sebagai Bagian Umum

Adapun kendala selama pemasaran produk adalah sekarang ini banyak produk Cina yang hampir sudah menguasai pasaran dengan harga yang murah. Selain itu perdagangan bebas pun turut menjadi kendala pemasaran dan makin banyaknya produk otomotif yang sudah ada dipasaran. Dalam sebulan PT TRIPRANATA SUKSESTAMA dapat mendapat omset sekitar                          Rp. 300.000.000 – Rp. 500.000.000 per Bulan.




PROSES INDUSTRI
A.     Proses Pemasaran
Dalam proses pemasaran, PT TRIPRANATA SUKSESTAMA melakukannya dengan sistem kontrak dan melalui tender yang telah bekerja sama oleh banyak perusahaan seperti Toyota, Perusahaan Otomotif, Kontraktor dan Chevron



PENUTUP
A.     Kesimpulan
PT TRIPRANATA SUKSESTAMA adalah perusahaan yang bergerak pada bidang importir seperti mesin las, kawat las, alat listrik dan alat otomotif lainnya sudah memasarkan produknya ke seluruh Indonesiadengan rata-rata omset yang besar yaitu Rp. 300.000.000 – Rp. 500.000.000 per Bulan. Pada awal berdirinya perusahaan ini, Rp. 300.000.000 – Rp. 500.000.000 per Bulan. Pada awal berdirinya perusahaan PT TRIPRANATA SUKSESTAMA memiliki empatpuluh orang tenaga kerja tetapi dengan berjalannya waktu perusahaan ini sekarang memilki  tujuh orang tenaga kerja. Hal ini dikarenakan banyak pegawai lain yang membuka usaha toko otomotif.
B.     Saran
1.      Lebih banyak memvariasikan produk agar dapat bersaing dipasaran
2.       Harus lebih bisa memperluas pemasaran agar dapat bersaing dengan produk local maupun internasional


Anggota Kelompok
1.      Evi Nur Afiani     22210457        1 EB 17
2.      Findi Yuningsih    22210785        1 EB 17
3.      Filani First Jimmy 29210490        1 EB 17




Kamis, 11 November 2010

Tugas resume pengantar bisnis Bab 7

PENGERTIAN DAN KONSEP PEMASARAN

 Pengertian Pemasaran
            Pemasaran adalah system keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan ,menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.Pemasaran dan produksi merupakan fungsi pokok bagi perusahaaan.semua perusahaan berusaha memproduksi dan memasarkan produk atau jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen.Pemasaran juga merupakan keseluruhan dari pengertian tentang Penjualan,perdagangan,dan distribusi.

            Pemasaran termasuk salah satu kegiatan dalam perekonomian dan membantu dalam penciptaan nilai ekonomi.sedangkan nilai ekonomi itu sendiri akan menentukan harga barang dan jasa bagi individu .selain pemasaran,kegiatan yang dapat menciptakan nilai ekonomi adalah :

    * Produksi yang membuat barang-barang
    * Konsumsi yang menggunakan  barang-barang tersebut.

Dalam kondisi perekonomian seperti sekarang ini ,tanpa adanya pemasaran orang sulit mencapai tujuan konsumsi yang memuaskan.oleh karena itu perusahaan harus dapat menciptakan faedah (utility) bagi konsumen.Faedah (utility) adalah kekuatan dari suatu produk atau jasa untuk memuaskan kebutuhan.

Kegiatan pemasaran menciptakan empat faedah ,yaiti :

1. Faedah waktu

Faedah waktu dapat diciptakan dengan menyediakan produk pada saat konsumen membutuhkan untuk membelinya.

2. Faedah tempat
Faedah tempat merupakan faedah yang diciptakan dengan menyediakan produk pada tempat yang strategis apabila konsumen ingin membelinya.

3. Faedah milik
Faedah milik diciptakan dengan mempersiapkan pemindahan hak milik dari penjual kepada pembeli.


4. Faedah Informasi

Faedah informasi diciptakan dengan memberikan informasi tentang penawaran suatu produk kepada konsumen.


Konsep Pemasaran


Konsep pemasaran (marketing concept) adalah falsafah perusahaan yang menyatakan bahwa pemasaran keinginan pembeli adalah syarat utama bagi kelangsungan hidup perusahaan.Pemasaran dapat dipelajari dengan mengadakan berbagai macam pendekatan ,yaitu :

    * Pendekatan serba fungsi (functional approach)
    * Pendekatan serba lembaga (Institutional approach)
    * Pendekatan serba barang (commodity approach)
    * Pendekatan serba manajemen (managerial approach)
    * Pendekatan serba system (total system approach)

Pengertian Pasar
            Pasar adalah orang-orang yang mempunyai keinginan untuk puas,uang untuk berbelanja,dan kemauan untuk membelanjakannya.dari definisi tersebut dapat diketahui adanya tiga unsure penting yang terdapat dalam pasar,yaitu :

    * Orang dengan segala keinginannya
    * Daya beli mereka
    * Kemauan untuk membelanjakan uangnya.


Macam-macam Pasar

Pada pokoknya pasar dapat dikelompokan kedalam empat golongan yaitu :

   1. Pasar Konsumen

Pasar konsumen adalah sekelompok pembeli yang membeli barang untuk dikonsumsikan bukan untuk dijual atau diproses lebih lanjut.

   2.  Pasar Industri

Pasar industri adalah pasar yang terdiri atas individu dan lembaga atau organisasi yang membeli barang untuk dipakai lagi baik secara langsung maupun tidak langsung.

   3. Pasar penjualan

Pasar penjualan adalah suatu pasar yang terdiri atas individu dan organisasi yang membeli barang dengan maksud untuk dijual lagi atau disewakan agar mendapatkan laba.

   4. Pasar pemerintah
Pasar pemerintah adalah pasar dimana terdapat lembaga pemerintah seperti : departemen-departemen,direktorat,kantor-kantor dinas, dan instansi lain.


Segmentasi Pasar      

            Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi-bagi pasar yang bersifat heterogen dari suatu produk kedalam satuan pasar yang bersifat homogen.



Pengertian Marketing Mix

  
          Marketig mix adalah kombinasi dari empat variable atau kegiatan yang merupakan inti dari system pemasaran perusahaan,yakni : produk,struktur harga,kegiatan promosi dan system distribusi.


Pengertian Barang

            Barang atau produk adalah suatu sifat yang kompleks baik dapat diraba ,termasuk bungkus warna,harga,prestise perusahaan dan pengecer,pelayanan perusahan dan pengecer,yang diterima oleh pembeli untuk memuaskan keinginan atau kebutuhannya.Barang-barang dapat dikelompokan kedalam :

   1. Barang Tahan Lama

Barang tahan lama (durable goods) adalah barang-barang yang secara normal dapat dipakai berkali-kali,jadi dapat dipakai untuk jangka waktu yang relative lama.

   2. Barang Tidak Tahan Lama

Barang tidak tahan lama (nondurable goods) adalah barang-barang yang secara normal hanya dapat dipakai satu kali atau beberapa kali saja.



   1. Jasa

Jasa adalah kegiatan manfaat ,atau kepuasan yang ditawarkan untuk dijual.contohnya : Jasa reparasi,jasa potong rambut,jasa pendidikan dan sebagainya.

Penggolongan Barang menurut Tujuan Pemakaiannya si Pemakai

            Penggolongan barang menurut tujuan pemakaian si pemakai ini banyak digunakan karena sangat praktis.dalam hal ini ,barang dapat digolongkan kedalam dua golongan,yaitu :
2. Barang konsumsi

Barang konsumsi adalah barang yang dibeliuntuk dikonsumsikan.Berdasarkan kebiasaan membeli dari konsumen,barang konsumsi dikelompokan lagi menjadi tiga golongan yaitu :

    * Barang konvenien : Barang konvenien adalah barang yang mudah dipakai ,membelinya dapat disembarang tempat dan pada setiap waktu.
    * Barang shopping : Barang shopping adalah barang yang harus dibeli dengan mencari dahulu dan didalam membelinya harus dipertimbangkan masak-masak.
    * Barang special : Barang special adalah barang yang mempunya cirri khas dan hanya dapat dibeli ditempat tertentu saja.
3 .Barang industri

Barang industri adalah barang yang dibeli untuk diproses  lagi atau untuk kepentingan dalam industri,baik secara langsung maupun tidak langsung.Barng industri tersebut dapat dibedakan lagi menjadi lima golongan yaitu :

    * Bahan Baku
    * Komponen dan barang setengah jadi
    * Perlengkapan operasi
    * Instalasi
    * Peralatan ekstra



Pengertian Saluran Pemasaran

      Saluran distribusi untuk suatu barang adalah saluran yang digunakan oleh produsen untuk menyalurkan barang tersebut dari produsen sampai ke konsumen atau pemakai industri.Adapun lembaga-lembaga yang ikut mengambil bagian dalam menyalurkan barang ini yaitu ; Produsen, Perantara , dan konsumen akhir atau pemakai industri.



Saluran Distribusi Ganda

      Ada beberapa masalah yang harus dipertimbangkan dalam pemilihan saluran distribusi.faktor-faktor tersebut antara lain ;

1.      Jenis barang yang dipasarkan

2.      Produsen yang mengahsilkan produknya

3.      penyalur yang bersedia ikut mengambil bagian

4.      pasar yang dituju



PENENTUAN HARGA


      Harga adalah sejumlah uang yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi dari barang beserta pelayanannya.Dalam kenyataan,tingkat harga yang terjadi dipengaruhi oleh bebrapa factor ,seperti :

1.      Keadaan perekonomian

2.      Penawaran dan permintaan

3.      Elastisitas permintaan

4.      Persaingan

5.      Biaya

6.      Tujuan manager

7.      Pengawasan pemerintah


PROMOSI DAN PERIKLANAN

      Promosi merupakan salah satu variable marketing mix yang digunakan oleh perusahaan untuk mengadakan komunikasi dengan pasarnya.Arus informasi atau persuasi satu arah yang dibuat untuk mengarahkan seseorang atau organisasi kepada tindakan yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran.beberapa kegiatan yang ada dalam promosi ini pada umumnya ada empat ,yaitu :

    * Periklanan
    * Personal selling
    * Promosi penjualan
    * Publisitas dan hubungan masyarakat


Periklanan

      Periklanan adalah  komunikasi non individu dengan sejumlah biaya melalui berbagai media yang dilakukan oleh perusahaan ,lembaga non laba,serta individu.Tujuan dari periklanan yaitu :

a.       Mendukung program personal selling dan kegiatan promosi yang lain.

b.      Mencapai orang-orang yang tidak dapat dicapai oleh salesman dalam jangka waktu tertentu.

c.       Mengadakan hubungan dengan para penyalur,misalnya dengan mencantumkan nama dan alamatnya.

d.      Memasuki daerah pemasaran baru atau menarik langganan baru.



Jenis-jenis Periklanan

Dalam hal ini periklanan digolongkan menjadi dua ,yakni :

1.      Periklanan barang (product advertising)

2.      Periklanan kelembagaan (Institusional advertising).


Jenis-jenis media periklanan tersebut adalah :

   1. Surat kabar
   2. Majalah
   3. Radio
   4. Televisi
   5. Pos langsung