PENGERTIAN DAN KONSEP PEMASARAN
Pengertian Pemasaran
Pemasaran adalah system keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan ,menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.Pemasaran dan produksi merupakan fungsi pokok bagi perusahaaan.semua perusahaan berusaha memproduksi dan memasarkan produk atau jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen.Pemasaran juga merupakan keseluruhan dari pengertian tentang Penjualan,perdagangan,dan distribusi.
Pemasaran termasuk salah satu kegiatan dalam perekonomian dan membantu dalam penciptaan nilai ekonomi.sedangkan nilai ekonomi itu sendiri akan menentukan harga barang dan jasa bagi individu .selain pemasaran,kegiatan yang dapat menciptakan nilai ekonomi adalah :
* Produksi yang membuat barang-barang
* Konsumsi yang menggunakan barang-barang tersebut.
Dalam kondisi perekonomian seperti sekarang ini ,tanpa adanya pemasaran orang sulit mencapai tujuan konsumsi yang memuaskan.oleh karena itu perusahaan harus dapat menciptakan faedah (utility) bagi konsumen.Faedah (utility) adalah kekuatan dari suatu produk atau jasa untuk memuaskan kebutuhan.
Kegiatan pemasaran menciptakan empat faedah ,yaiti :
1. Faedah waktu
Faedah waktu dapat diciptakan dengan menyediakan produk pada saat konsumen membutuhkan untuk membelinya.
2. Faedah tempat
Faedah tempat merupakan faedah yang diciptakan dengan menyediakan produk pada tempat yang strategis apabila konsumen ingin membelinya.
3. Faedah milik
Faedah milik diciptakan dengan mempersiapkan pemindahan hak milik dari penjual kepada pembeli.
4. Faedah Informasi
Faedah informasi diciptakan dengan memberikan informasi tentang penawaran suatu produk kepada konsumen.
Konsep Pemasaran
Konsep pemasaran (marketing concept) adalah falsafah perusahaan yang menyatakan bahwa pemasaran keinginan pembeli adalah syarat utama bagi kelangsungan hidup perusahaan.Pemasaran dapat dipelajari dengan mengadakan berbagai macam pendekatan ,yaitu :
* Pendekatan serba fungsi (functional approach)
* Pendekatan serba lembaga (Institutional approach)
* Pendekatan serba barang (commodity approach)
* Pendekatan serba manajemen (managerial approach)
* Pendekatan serba system (total system approach)
Pengertian Pasar
Pasar adalah orang-orang yang mempunyai keinginan untuk puas,uang untuk berbelanja,dan kemauan untuk membelanjakannya.dari definisi tersebut dapat diketahui adanya tiga unsure penting yang terdapat dalam pasar,yaitu :
* Orang dengan segala keinginannya
* Daya beli mereka
* Kemauan untuk membelanjakan uangnya.
Macam-macam Pasar
Pada pokoknya pasar dapat dikelompokan kedalam empat golongan yaitu :
1. Pasar Konsumen
Pasar konsumen adalah sekelompok pembeli yang membeli barang untuk dikonsumsikan bukan untuk dijual atau diproses lebih lanjut.
2. Pasar Industri
Pasar industri adalah pasar yang terdiri atas individu dan lembaga atau organisasi yang membeli barang untuk dipakai lagi baik secara langsung maupun tidak langsung.
3. Pasar penjualan
Pasar penjualan adalah suatu pasar yang terdiri atas individu dan organisasi yang membeli barang dengan maksud untuk dijual lagi atau disewakan agar mendapatkan laba.
4. Pasar pemerintah
Pasar pemerintah adalah pasar dimana terdapat lembaga pemerintah seperti : departemen-departemen,direktorat,kantor-kantor dinas, dan instansi lain.
Segmentasi Pasar
Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi-bagi pasar yang bersifat heterogen dari suatu produk kedalam satuan pasar yang bersifat homogen.
Pengertian Marketing Mix
Marketig mix adalah kombinasi dari empat variable atau kegiatan yang merupakan inti dari system pemasaran perusahaan,yakni : produk,struktur harga,kegiatan promosi dan system distribusi.
Pengertian Barang
Barang atau produk adalah suatu sifat yang kompleks baik dapat diraba ,termasuk bungkus warna,harga,prestise perusahaan dan pengecer,pelayanan perusahan dan pengecer,yang diterima oleh pembeli untuk memuaskan keinginan atau kebutuhannya.Barang-barang dapat dikelompokan kedalam :
1. Barang Tahan Lama
Barang tahan lama (durable goods) adalah barang-barang yang secara normal dapat dipakai berkali-kali,jadi dapat dipakai untuk jangka waktu yang relative lama.
2. Barang Tidak Tahan Lama
Barang tidak tahan lama (nondurable goods) adalah barang-barang yang secara normal hanya dapat dipakai satu kali atau beberapa kali saja.
1. Jasa
Jasa adalah kegiatan manfaat ,atau kepuasan yang ditawarkan untuk dijual.contohnya : Jasa reparasi,jasa potong rambut,jasa pendidikan dan sebagainya.
Penggolongan Barang menurut Tujuan Pemakaiannya si Pemakai
Penggolongan barang menurut tujuan pemakaian si pemakai ini banyak digunakan karena sangat praktis.dalam hal ini ,barang dapat digolongkan kedalam dua golongan,yaitu :
2. Barang konsumsi
Barang konsumsi adalah barang yang dibeliuntuk dikonsumsikan.Berdasarkan kebiasaan membeli dari konsumen,barang konsumsi dikelompokan lagi menjadi tiga golongan yaitu :
* Barang konvenien : Barang konvenien adalah barang yang mudah dipakai ,membelinya dapat disembarang tempat dan pada setiap waktu.
* Barang shopping : Barang shopping adalah barang yang harus dibeli dengan mencari dahulu dan didalam membelinya harus dipertimbangkan masak-masak.
* Barang special : Barang special adalah barang yang mempunya cirri khas dan hanya dapat dibeli ditempat tertentu saja.
3 .Barang industri
Barang industri adalah barang yang dibeli untuk diproses lagi atau untuk kepentingan dalam industri,baik secara langsung maupun tidak langsung.Barng industri tersebut dapat dibedakan lagi menjadi lima golongan yaitu :
* Bahan Baku
* Komponen dan barang setengah jadi
* Perlengkapan operasi
* Instalasi
* Peralatan ekstra
Pengertian Saluran Pemasaran
Saluran distribusi untuk suatu barang adalah saluran yang digunakan oleh produsen untuk menyalurkan barang tersebut dari produsen sampai ke konsumen atau pemakai industri.Adapun lembaga-lembaga yang ikut mengambil bagian dalam menyalurkan barang ini yaitu ; Produsen, Perantara , dan konsumen akhir atau pemakai industri.
Saluran Distribusi Ganda
Ada beberapa masalah yang harus dipertimbangkan dalam pemilihan saluran distribusi.faktor-faktor tersebut antara lain ;
1. Jenis barang yang dipasarkan
2. Produsen yang mengahsilkan produknya
3. penyalur yang bersedia ikut mengambil bagian
4. pasar yang dituju
PENENTUAN HARGA
Harga adalah sejumlah uang yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi dari barang beserta pelayanannya.Dalam kenyataan,tingkat harga yang terjadi dipengaruhi oleh bebrapa factor ,seperti :
1. Keadaan perekonomian
2. Penawaran dan permintaan
3. Elastisitas permintaan
4. Persaingan
5. Biaya
6. Tujuan manager
7. Pengawasan pemerintah
PROMOSI DAN PERIKLANAN
Promosi merupakan salah satu variable marketing mix yang digunakan oleh perusahaan untuk mengadakan komunikasi dengan pasarnya.Arus informasi atau persuasi satu arah yang dibuat untuk mengarahkan seseorang atau organisasi kepada tindakan yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran.beberapa kegiatan yang ada dalam promosi ini pada umumnya ada empat ,yaitu :
* Periklanan
* Personal selling
* Promosi penjualan
* Publisitas dan hubungan masyarakat
Periklanan
Periklanan adalah komunikasi non individu dengan sejumlah biaya melalui berbagai media yang dilakukan oleh perusahaan ,lembaga non laba,serta individu.Tujuan dari periklanan yaitu :
a. Mendukung program personal selling dan kegiatan promosi yang lain.
b. Mencapai orang-orang yang tidak dapat dicapai oleh salesman dalam jangka waktu tertentu.
c. Mengadakan hubungan dengan para penyalur,misalnya dengan mencantumkan nama dan alamatnya.
d. Memasuki daerah pemasaran baru atau menarik langganan baru.
Jenis-jenis Periklanan
Dalam hal ini periklanan digolongkan menjadi dua ,yakni :
1. Periklanan barang (product advertising)
2. Periklanan kelembagaan (Institusional advertising).
Jenis-jenis media periklanan tersebut adalah :
1. Surat kabar
2. Majalah
3. Radio
4. Televisi
5. Pos langsung
Tidak ada komentar:
Posting Komentar